Bulan Ramdhan Bulannya touring berjama’ah (Mudik)

assalamualaikum

salam bikers dan salam sejahtera bagi kita semua

 

sudah menjadi sebuah budaya di bulan yang suci ini yaitu bulan Ramadhan kebiasaan mudik/pulang ke kampung halaman bagi masyarakat yang merantau… mudik pun bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu ada yang dengan jalur Udara, darat, dan laut.. nah kali ini saya akan membahas tentang mudik di jalur darat..

Valentino rossi LUCU  www.melonproduction.blogspot.com koleksi fotto lucu versi mudik kampung

mudik dengan jalur darat ada yang menggunajan kendaraan umum (mebil dan kereta) dan juga ada yang menggunakan kendaraan pribadi (mobil dan motor).. karena ini adalah blog R2 maka saya khususkan untuk membahas mudik dengan sepeda motor.

sebelumnya berikut ini beberapa alasan menurut saya kenapa orang lebih memilih untuk mudik dengan motor versi ardho rodadua.

  1. gak punya mobil.
  2. lebih hemat biaya.
  3. lebih hemat waktu (masih bisa lewat di sela-sela mobil saat mecet).
  4. hobi touring dengan motor.
  5. gak suka naik kendaraan umum (apalagi yang kelas ekonomi yang cenderung tidak nyaman).

kelemahan mudik dengan menggunakan motor.

  1. lebih menguras tenaga.
  2. lebih rawan terhadap aksi kejahatan (begal).
  3. tidak bisa membawa barang bawaan yang banyak.
  4. bisa kepanasan dan kehujanan (kalau gak berteduh).
  5. maksimal hanya 2 penumpang.

entah dimulai dari tahun kapan budaya mudik menjelang hari raya idul fitri ini lakukan, namun yang jelas budaya mudik ini sudah mendarah darah daging pada semua warga masyarakat indonesia. bagi masyarakat yang merantau (biasanya dari desa ke kota), saat-saat menjelang mau memasuki hari raya pasti tidak akan dilewatkan untuk mudik. bagi masyarakat yang tempat tinggal perantauannya tidak lebih dari 300 km mungkin mudik bisa dilakukan dalam sebulan sekali, namun bagi masyarakat yang merantau ke luar propinsi dan luar pulau pasti dak bisa sering-sering untuk mudik ke kampung halaman.

mudikmotor

katakanlah mudik dari pulau jakarta ke jawa timur bisa memakan waktu 14 jam lebih, pasti akan sangat menantang dan menguras tenaga bagi bikers apalagi ditambah dengan cuaca yang tidak menentu, dan macet bisa dibayangkan bagaimana tersiksanya mudikers yang mudik dengan menggunakan motor…

namun walau begitu mudik dengan motor tetap saja menjadi suatu pilihan utama bagi masyarakat peranatu. dengan begitu banyaknya mudikers yang menggunakan motor, kecelakaan lalulintas pun didominasi oleh pengguna motor. jangan sampai niatan kita mudik untuk silaturahmi dengan keluarga tercinta di kampung halaman malah berujung maut di jalan. na’udubillah…..

berikut ini tips bagi para mudikers ala ardho rodadua

  1. persiapkan motor dengan prima servis,ganti oli,cek kondisi ban dll (wajib).
  2. bawa tools kit selengkap mungkin dan seperlunya, jaga-jaga jika motor mogok saat di tengah perjalanan mudik.
  3. gunakan perlengkapan standar safety bagi pengguna motor.
    sperti jaket yang tebal, helm yang sudah SNI minimal helm half face, masker, glove, spatu boot yang menutupi sampaai di atas mata kaki, celana yang tebal bisa pake celana jeans, gunakan knee dan elbow protector.
  4. usahakan tiap 2 jam sekali saat riding untuk berhenti istirahat.
  5. usahakan sesantai mungkin saat mudik.
    maksudnya, nyampai jam berapa pun gak ada masalah, jika kita memasang target waktu saat mudik malah itu akan cenderung membuat kita riding jadi ugal-ugalan. misal kita mudik dengan jarak 200 km dan di target 3 jam nyampek, kan ya gak mungkin banget. kecuali kalau naik motor ngedan kesetanan…
  6. jika perjalanan mudik membutuhkan lebih dari 1 hari, lebih baik cari penginapan kalau punya uang berlebih, atau istirahat di spot-spot yang biasanya disediakan oleh pihak intansi terkait atau perusaahaan swasta..
  7. jangan bawa barang bawaan berlebih.
    saat mudik sangat sering dijumpai motor yang overload barang bawaan, rata-rata bawa oleh-oleh dari kota untuk keluarga di kampung. perlu di ingat kendaraan kita rodanya cuma dua jadi saat jalan sangat membutuhkan keseimbangan, terutama dikecepatan tinggi, dengan barang bawaan yang berlebih  akan mengganggu keseimbangan motor kita.
  8. jika mudik dengan keluarga lebih baik jangan memaksa mudik dengan motor terlebih anggota keluar lebiih dari tiga orang. lebih baik menggunakan kendaraan umum.. kalau misal punya uang lebih mending sewa mobil di rental penyewaan untuk kenyamaan keluarga saat mudik.

saat mudik tidak perlu kebut-kebutan untuk cepat sampai di kampung halaman. keluarga anda pasti akan setia menunggu kedatangan anda, keluarga anda hanya mengharapkan anda selamat sampai tujuan.

semoga bermanfaat..

Iklan

Tentang ardho redhis

si pemilik warung bernama Ardho Redhis, seorang anak bangsa yang sedang mencari jati diri. kelahiran Surabaya namun berakte jombang. saat ini sedang menempuh pendidikan disalah satu universitas negeri di kota Malang, Jawa Timur. Ardho redhis sejak SD sangat mencintai akan semua hal yang berbau otomotif, terutama roda dua. selain suka dengan otomotif ardho redhis juga pecinta musik, (otomotif dan musik suatu hal yang tidak dapat dipisahkan) terutama musik metal dan menjadi penggemar Band metal asal amerika Dream Theater. contact : ardho.redhis@gmail.com (Facebook,twitter,gmail)
Pos ini dipublikasikan di Biker. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s