mesin kecil, belum tentu power kecil

Assalamualaiku

salam Bikers dan salam sejahtera bagi kita semua

 

di artikel ini ane akan membahas tentang salahnya presepsi kebanyakan orang bahwa mesin yang kecil pasti powernya juga kecil dan mesin yang gede powernya pasti Guuwweeddeee…. artikel ini terinspirasi dari perdebatan temen ane soal ketangguhan mesin motor, ada kubu pembela MegaPro dan pembela Vixion. kubu megaPro beropini mesin megaPro lebih tangguh dan powerfull dibanding dengan mesin Mesin Vixion yang kecil dan kerempeng, sedang kan kubu Vixion beropini bahwa mesin vixion menggunakan teknologi yang lebih canggih dari megaPro jadi gak perlu material yang banyak untuk membangun mesin yang powerfull.

vixion-mesin-horz

sebelum kita membahas tema ini kita lihat dulu spek dari kedua mesin

nmpfi-spek

spek mesin vixion (1)

dari spesifikasi diatas kedua mesin menggunakan tipe mesin yang sama, yaitu mesin SOHC. namun kenapa power pada putaran mesin yang sama power Vixion lebih besar dari megaPro..? ini karena peran dari dari diasil silinder dan forged piston oleh yamaha vixion dan juga 4 valve. lho…, mesin megapro kan kelihatan lebih besar..? lha ini lah perbedaan yang sangat mencolok.. vixion sudah menggunakan pendingin radiator sedangkan megaPro tanpa menggunakan radiator (pendingin udara). trus hubungannya apa..?

test-ride-New-MegaPRO-FI-3

 

kenapa mesin megaPro blok silindernya dibuat sedemikian rupa (blok silider yang tebal dan terlihat lebih besar), karena konstruksi mesin yang seperti itu untuk mensiasati agar panas bisa teredam, agar mesin tidak overheat soalnya masih konvensional tanpa menggunakan radiator sebagai pendingin mesin…

sedangkan di kasus vixion, teknologi mesin yang sudah uptodate (walau masih SOHC), dengan sudah menggukan radiator sebagai pendingin mesin, jadi tadak perlu lagi menambah material/membuat blok mesin yang tebal sebagai peredam panas.

lalu bagai mana dengan mesin besar yang dimiliki Satria F dengan CB150..? padahal kan sudah menggunakan radiator, masih tetep aja mesinnya besar.. perlu digaris bawahi mesin dari satria F dan CB150 sudah menggunakan mesin DOHC (Double Overhead Camshaft) jadi part-part yang digunakan untuk membangun mesdin DOHC akan lebih banyak dan rumit dari pada mesin SOHC, oleh karena itu kenapa mesin satria F dan CB 150 lebih besar dari vixion, wslsupun sudah menggunakan radiator sebagai pending…

semoga bermanfaat

Iklan

Tentang ardho redhis

si pemilik warung bernama Ardho Redhis, seorang anak bangsa yang sedang mencari jati diri. kelahiran Surabaya namun berakte jombang. saat ini sedang menempuh pendidikan disalah satu universitas negeri di kota Malang, Jawa Timur. Ardho redhis sejak SD sangat mencintai akan semua hal yang berbau otomotif, terutama roda dua. selain suka dengan otomotif ardho redhis juga pecinta musik, (otomotif dan musik suatu hal yang tidak dapat dipisahkan) terutama musik metal dan menjadi penggemar Band metal asal amerika Dream Theater. contact : ardho.redhis@gmail.com (Facebook,twitter,gmail)
Pos ini dipublikasikan di Biker. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s