pengalaman Touring Malang-Banyuwangi

Assalamualaikum

Salam Bikers dan Salam Sejahtera bagi kita semua

pengalaman touring kali ini adalah pengalaman turing saya yang paling jauh,  menuju ujung paling timur pulau jawa tepatnya ke kabupaten Banyuwangi. pada tanggal 8 oktober 2013 Bro Hendrawan mengajak saya untuk main ke rumahnya yang ada di banyuwangi dan saya mengiyakan ajakan tersebut dengan syarat berangkat menuju banyuwangi menggunakan motor. dan disepakati kami menuju Banyuwangi hari Jum’at, 11 oktober 2013. rencananya mau berangkat pagi menuju banyuwangi, namun beruhubung ada suatu urusan yang mengharuskan menuju Tumpang, Kabupaten Malang akhirnya kita berangkat menuju banyuwangi pukul 16:00.

sebelum berangkat, foto dulu

pada saat mau berangkat jarak yang sudah di tempuh motor saya menunjukan angka 37.220 Kilometer. kita berangkat dari kost saya yang berada di Jl. Candi Panggung barat. kita berangkat dengan Riding santai kecepatan rata-rata 60 Km/jam dan kondisi lalulintas lancar. namun kondisi berubah jadi macet total saat sesudah memasuki kecamatan Lawang, Malang yang biasanya Lawang-Purwosari hanya 20 menit (kondii lalu linta normal, karena macet pada waktu Malang-purwosari di tempuh dengan waktu 60 menit. dan ternyata penyebab kemacetan ialah adanya kecelakaan truck tangki dengan muatan tetes tebu bertabrakan dengan truck tanpa muata dan kondisi truck melintang di jalan.

setelah melewati purwosari kondisi jalan kembali normal. sekitar jam 6 sore kita sampai di kota Pasuruan (ba’dah Maghrib) kita terus riding tanpa berehenti. Setelah Riding 40 menit kita sudah masuk wilayah Probolinggo. di sini lah perjalanan sudah mulai membosan kan. ini adalah wilayah terluas ke-dua yang kami lewati, gimana tidak… dari masuk hingga keluar wilayah probolinggo saja hampir membutuhkan waktu 2 jam.

masuk wilayah probolinggo waktu menunjukkan kira-kira pukul 18:30 malam. ada spot-spot yang perlu di waspadai didaerah probolinggo, yang saya ingat itu wilayah Gending, di wilayah ini terpaan angin dari sisi samping sangat lah kuat dan lumaya buat motor bisa goyang dombret gak karuan. di wilayah Gending kita kecepatan motor cuma 40 Km/jam dan gak berani ambil resiko buat nambah kecepatan. wong yang naik motor sport batangan aja speednya cuma 50-60 Km/jam, apalagi kita yang cuma pakek matic dengan bobot motor yang gak sampek <100 Kg.

beberapa kali kemi ketipu oleh petunjuk pambatas wilayah, beberapa kali kita melewati gapura SELAMAT JALAN yang kami kira sudah memasuki wilayah Situbondo dan kenyataannya kami masih Riding di wilayah Probolinggo. memasuki Wilayah kraksaan saya tertegun takjub saat melihat PLTU penyuplai listrik jawa-Bali yaitu PLTU Paiton. kesan pertama, gilaaaa besar dan megah…. apalagi cerobong-cerobong besarnya yang mengingatkan saya akan kapal Titanic, heehehe…..

Photo1068

Photo1070

Di PLTU Paiton ini, kami memutuskan untuk beristirahat. kami beristirahat di salah satu warung yang terdapat di dakat kawasan PLTU Paiton. makan, ngopi, rokok (ritual wajib bagi Bikers saat istirahat, hehehehe). setelah 30 menit istirahat kami melanjutkan perjalanan.

masuk wilayah Situbondo, di sinilah wilayah terluas yang kami lewati dari masuk-keluar wilayah situbondo mebutuhkan waktu 2 jam. di wilayah Situbondo kami bertemu rombongan touring club Yamaha Byson, niatanya mau ngikutin rombongan tersebut, tapi apa daya motor gak mampu ngejar (maklum,,, cuma motor matic gan, hehehe). di wilayah Situbondo juga menjadi perjalanan yang paling mencekam, gimana tidak,,,,, kita malam-malam harus melewati Alas Baluran sepanjang 20 Km yang terkenal angker dan kata bro Hendrawan sering terjadi kecelakan yang berbau mistis dan sering muncul penampakan makhluk halus. (jadi tambah dredeg gak karuan).

kondisi Alas Baluran saat itu benar-benar gelap, lampu penerangan hanya ada pada jarak tiap 5 Km saja itu pun gak begitu terang. saat riding pelan (gak berani ngebut) bro Hendrawan pun bercerita tentang pengalaman mistisnya di Baluran dan mitos-mitos Alas baluran yang melegenda (saya pun di buat makin merinding mendengar cerita bro Hendrawan). tips dari bro Hendrawan saat Riding/Driving di kawasan Alas Baluran, jangan sampai pikiran kita kosong dan melamun, karena menurut cerita yang beredar kalau pikiran kita kosong jalan yang nyatanya berbelok ke kiri akan terlihat jadi Lurus/belok kekakan di pengelihatan Biker/Driver (intinya terjadi halusinasi).

bro Hendrawan juga menunjukkkan spot yang terkenal paling angker, yaitu di subuah jembatan yang menurut cerita masyarakat sering dijadikan tempat pembuangan mayat pada jaman dahulu.

perasaan lega pada saat berhasil melewati kawasan Alas Baluran tanpa mengalami suatu masalah. singkat cerita 1 jam  berkendara kami pun samapai di rumah Bro Hendrawan, saat sampai jam enunjukkan pukul 24:00 (tengah malam broooo…) total waktu perjalanan dari jam 16:00-24:00, 8 jam perjalan malang-banyuwangi. sungguh pengalaman Touring yang luar biasa….

cats1

total jarak yang kami tempuh 37.502-37220 = 282 Km…

ini dia yang namanya Bro Hendrawan (lagi ngeksis di puncak kawah ijen, banyuwangi)

Tentang ardho redhis

si pemilik warung bernama Ardho Redhis, seorang anak bangsa yang sedang mencari jati diri. kelahiran Surabaya namun berakte jombang. saat ini sedang menempuh pendidikan disalah satu universitas negeri di kota Malang, Jawa Timur. Ardho redhis sejak SD sangat mencintai akan semua hal yang berbau otomotif, terutama roda dua. selain suka dengan otomotif ardho redhis juga pecinta musik, (otomotif dan musik suatu hal yang tidak dapat dipisahkan) terutama musik metal dan menjadi penggemar Band metal asal amerika Dream Theater. contact : ardho.redhis@gmail.com (Facebook,twitter,gmail)
Pos ini dipublikasikan di Perjalanan. Tandai permalink.